IRT Di Semarang Sulap Limbah Plastik Jadi Karya Yang Menakjubkan

Radiosucr.com – Seorang wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga di Semarang telah memanfaatkan sebuah limbah plastik untuk satu karya yang belum pernah diduga sebelumnya. Sampah-sampah plastik tersebut disulap oleh ibu rumah tangga tersebut menjadi sebuah karya sebuah pakaian.

Proses untuk membuat satu buah pakaian tersebut bisa dibilang sangat rumit dan tidak mudah untuk dilakukan dan juga butuh waktu yang lumayan tidak sebentar. Wanita inspirasi tersebut bernama Agung Surtikanti (39), warga Glendang RT 06/RW 03, Desa Watuagung, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Pada saat di sela-sela kegiatannya setiap hari menjadi penjual peyek dirinya juga sambil mengumpulkan limbah plastik untuk dibawanya pulang. “Plastik yang terkumpul, kami cuci terus dijemur. Setelah kering, plastik kami potong-potong dengan lebar 2 cm,” kata Agung di rumahnya, Sabtu (16/12/2017).

Nantinya plastik yang sudah dipotong-potong, nantinya disambung dengan menggunakan cara dipanasi. Setelah dipanasi, kemudian dirajut dengan cara direnda untuk menyambungkan satu sama lainnya.

“Dulu, saya diajari ibu merajut dengan bahan kain wol. Terus sekarang memanfaatkan sampah plastik karena prihatin dengan lingkungan,” ujarnya.

Sampah plastik yang lama penguraiannya dan bisa mencemarkan lingkungan menjadi kekhawatirannya. Ia pun merajut plastik hanya saat waktu luang saja. Hal ini mengingat saban harinya keliling jualan peyek.

“Kalau pas libur seperti ini bisa seharian mengerjakan. Untuk satu baju saja bisa sampai berminggu-minggu baru selesai,” kata dia sambil memperlihatkan plastik yang telah dikumpulkannya.

Selain membuat baju hasil rajutan ukuran anak-anak dan dewasa, juga membuat rajutan untuk tutup toples. Perempuan lulusan SMP ini pun ingin membuat sekitar 10-20 baju yang nantinya ingin menggelar fashion show pakaian dari plastik. Dia membanderol pakaiannya ini dengan harga mulai dari Rp 750 ribu – Rp 1 juta.

“Ini baru jadi 4. Kalau dipakai harus pakai (tambahan) dalaman biar enak,” tutur istri dari Kholik Syarifudin Zukri (37) ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *