Bola Piala Dunia 2018 Menggunakan Konsep Tahun 70-an

Badan pengatur internasional sepak bola betdeal, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) secara langsung lewat laman resminya memberikan informasi untuk bola yang digunakan pada pergelaran Piala Dunia 2018.

Dari informasi yang diberitahukan oleh FIFA diketahui jika bola tersebut bernama Telstar 18. Terciptanya bola ini karena hasil kolaborasi antara FIFA dan Adidas dengan mengangkat konsep era 70-an.

Seperti yang diketahui, pada Piala Dunia tahun 1970 bola yang digunakan sangat teringat sampai sekarang dengan menggunakan panel berwarna hitam dan perbaduan warna hitam dan putih dan konsep tersebut juga digunakan kepada Telstar 18.

Namun, untuk Telstar 18 ada sebuah perbedaan yaitu sentuhan teknologi modern masa kini dan hal ini juga dikatakan oleh Director of Football Hardware Adidas,
Roland Rommier.

“Bola Telstar pertama merupakan salah satu yang paling ikonik sepanjang masa. Hal itu membuat kami menciptakan Telstar 18 mirip dengan aslinya, tetapi dengan teknologi terbaru,” kata Roland.

Sebagai informasi, jika bola Telstar pertama ciptaan Adidas mengambil konsep dari televisi pada era 70-an yang masih banyak berlayar hitam-putih. Dan setelah 50 tahun berlalu, Telstar telah berubah dengan sentuhan teknologi modern seperti NFC (Near-field communication) chip, bahan yang dapat didaur ulang, dan interaksi dengan bola melalui smartphone.

“Struktur panel baru dan tambahan NFC Chip membuat inovasi sepak bola ke level berbeda dan juga dapat membuat para pemain mendapatkan pengalaman yang baru di Piala Dunia 2018,” jelasnya Rommler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *